Benarkah Bersepeda Dapat Menyebabkan Disfungsi Ereksi?

Benarkah Bersepeda Dapat Menyebabkan Disfungsi Ereksi?

2 Responses

Selama ini, kita sering mendengar bahwa bersepeda, terutama dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan disfungsi ereksi ataupun kemandulan untuk pria. Alasan dibalik pernyataan tersebut adalah karena bagian penis akan mendapatkan tekanan akibat posisi duduk pada saat sedang bersepeda.

Namun, penelitian yang dilakukan di Inggris mengemukakan bahwa tidak ada korelasi antara keduanya.

Sebuah studi yang melibatkan sekitar 5,300 pria yang gemar bersepeda. Para peserta diminta untuk mengisi kuesioner berapa lama mereka bersepeda setiap minggunya, dan juga apakah mereka mengalami gejala disfungsi ereksi ataupun didiagnosa menderita kemandulan.

“Kami menemukan tidak ada hubungan antara bersepeda dengan kesulitan ereksi atau antara lamanya bersepeda dengan kemandulan”, ujar Milo Hollingworth dari University College London. Menurutnya hal ini menjadi bukti bahwa bersepeda tidak secara langsung menyebabkan gangguan pada pria sehingga mereka yang bersepeda hingga delapan jam seminggu tidak perlu khawatir.

Namun demikian, penelitian ini menemukan korelasi antara bersepeda dengan kanker prostat. Terutama pada pesepeda yang berumur 50 tahun keatas yang bersepeda lebih dari 8 jam per minggunya.

Para peneliti juga menyimpulkan bahwa manfaat bersepeda jauh lebih besar dibandingkan resiko kesehatan yang dapat ditimbulkan. Dengan bersepeda, kamu dapat membakar ratusan kalori setiap jamnya dan menguatkan otot-otot tubuh. Dibandingkan olahraga berlari, bersepeda juga jauh mengurangi tekanan pada lutut dan paha.

Hasil penelitian Milo Hollingworth dan timnya dapat dilihat pada link berikut:
http://online.liebertpub.com/doi/10.1089/jomh.2014.0012